Tags

, , , , ,


 

Oleh Danang Firmanto

Perhitungan Surat Suara

Perhitungan Surat Suara

Pesta demokrasi dimulai, riuh rendah masyarakat Dusun Bejen, Bantul, Yogyakarta berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Nomor 7. Berlangsung pada hari Rabu, 9 April 2014 pukul 07.00-13.00 WIB, pemungutan suara dilakukan. Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berjumlah 7 orang di dampingi sekitar 5 orang saksi baik dari partai maupun nonpartai berhasil melangsungkan Pemilu Legislatif tahun ini.

.

Surat Suara

Surat Suara

Empat jenis surat suara-DPR Pusat, DPD, DPRD Kabupaten, dan Provinsi-yang masing-masing berjumlah 406 dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 398 pemilih, sukses didistribusikan ke TPS 07. Namun, dari 406 surat suara hanya sekitar 353 surat suara orang yang terpakai. Terdapat sekitar 45 orang tidak menggunakan hak pilihnya dari total 398 DPT. Pemilih didominasi kalangan orang tua dengan usia 40 tahun ke atas. Usia tertua dari data DPT yang ada, tercatat Ny. Darmo Pawiro dengan usia 93 tahun. Tetapi ada juga pemilih pemula yang berusia 17 tahun yang sudah mulai menggunakan hak pilihnya.

Pemilih

Pemilih

Proses pemungutan suara yang di ketuai oleh Muh. Durori ini tampaknya tidak memiliki kendala yang berarti. Selain ketertiban dari pemilih, kecurangan baik dari proses pemungutan suara hingga perhitungan tidak ditemukan di TPS 07. Durori mengimbau kepada seluruh pemilih untuk menjaga ketertiban dan melarang pemilih membawa alat komunikasi di dalam bilik suara ketika pencoblosan. Antusiasme warga pun terlihat di Pemilu tahun ini. Bahkan beberapa kali terlihat pemilih yang berusia lanjut tetap menggunakan hak pilihnya untuk harapan Indonesia yang lebih baik.

Banyaknya pemilih menyebabkan perhitungan suara menghabiskan waktu cukup lama. Kesepakatan bersama antara petugas KPPS dengan saksi menentukan perhitungan surat suara dimulai dari pukul 13.45 sampai selesai. Perhitugnan suara dimulai dengan menghitung surat suara untuk calon DPRD Kabupaten dan terakhir DPD. Bersama ketujuh petugas dan saksi, akhirnya perhitungan suara baru rampung pukul 22.00 WIB.

Pemilih Lansia

Pemilih Lansia

Khususnya untuk calon DPD jumlah suara yang sah sebanyak 325, sedangkan suara tidak sah sebanyak 24 lembar. Hasil dari perhitungan suara DPD di TPS 07 Dusun Bejen, dimenangkan GKR. Hemas dengan perolehan suara sebanyak 149. Urutan kedua diduduki oleh calon DPD nomor urut 1, Hafidh Asrom dengan suara sebanyak 50. Diikuti calon nomor 11, Muh. Afnan Hadikusumo dengan 42 suara dan disusul oleh Cholid Mahmud, calon nomor urut 5 dengan jumlah suara sebanyak 23.

Daftar Pemilih Tetap dan Petugas KPPS

IMG_1771

Lampiran2

IMG_1736

Kanan: Muh. Durori, Titis Sukowanto, dan Arif Wibisono

Kanan: Muh. Durori, Titis Sukowanto, dan Arif Wibisono

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Danuri

Danuri

Handoko

Handoko

Muh. Rohadi

Muh. Rohadi

Slamet Triyanto

Slamet Triyanto