oleh: Danang Firmanto

 

Rabu, 5 Desember 2012

Ketika saya sedang duduk bersantai bersama teman-teman kampus, di gazebo, handphoneku bergetar. Ada telepon masuk dari nomor yang saya tidak kenal sebelumnya. Perasaanku agak gemetar, penasaran entah siapa yang menelepon. Saya angkat telepon itu, suara bapak-bapak ternyata.

Beliau menyebutkan identitasnya, Bapak Dewa Indrawan, dari PT Global Net Organizer. Saya masih diselimuti kebingungan. Siapa ya? Namun ketika beliau menyebutkan Lomba Blog Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sontak perasaanku berubah, seperti ada gairah dan semangat mendengarkan kabar dari beliau.

Tanpa saya sangka, saya diundang ke Jakarta untuk menghadiri temu blogger dengan KPK. Sebelumnya saya mengikuti lomba blog yang diadakan KPK, dan ternyata saya termasuk nominasi yang terpilih untuk menghadiri acara tersebut. Alhamdulillah, tidak hanya itu, Pak Dewa sudah menyiapkan tiket pesawat gratis (pulang-pergi) beserta penginapan satu malam di hotel, di daerah Jakarta Pusat.

Saya masih ragu tentang kebenaran kabar ini. Tapi, setelah saya konfirmasi, memang benar, ini seperti kejutan buat saya. Waktu itu, saya masih mengira saya bukan termasuk juara dalam lomba tersebut. Mengingat peserta lomba blog yang ikut mencapai kurang lebih 1000 blogger dari berbagai kalangan dan wilayah di Indonesia.

Kabar tersebut membuatku terharu dan sempat meneteskan airmata di tengah perjalanan saya pulang dari kampus ke rumah.

Sampai di rumah, saya kabarkan berita baik ini kepada kedua orangtua saya. Mereka tampak terheran dan tidak percaya awalnya. Saya kemudian menceritakan awal mula keikutsertaan saya dalam lomba blog KPK. Mereka begitu bijak menyikapi kabar itu. Sampai mereka benar-benar percaya ketika Pak Dewa sudah mengirimkan tiket pesawat via email ke email saya. Allahu Akbar!

Jumat, 7 Desember 2012

Adalah kali pertama saya melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta dengan pesawat. Rasa senang, bersyukur, dan terharu waktu itu bercampur sesaat sebelum saya berangkat ke Bandara. Sungguh Allah Maha Baik. Memberiku kenikmatan yang luar biasa. Cetar mebahana!hehe..

Kali pertama saya bisa melihat alam yang begitu indah dari ketinggian, di dalam pesawat yang saya naiki.

Image

Sekitar pukul 09.30 WIB saya mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Kakak saya yang bekerja di Jakarta bersedia menjemput pagi itu. Kemudian kami menuju Jakarta, ke Masjid Istiqlal untuk shalat Jumat terlebih dahulu. Setelah itu baru kami menuju hotel untuk check in kamar. Segalanya diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Hingga pukul 14.30 WIB saya memenuhi “panggilan KPK” hadir bersama para blogger untuk bertemu dan berdialog langsung sekaligus mendengarkan pengumuman pemenang lomba.

KPK menurut saya adalah lembaga yang independen dalam pergerakannya memberantas korupsi. Ada banyak hal yang menarik buat saya ketika saya bertemu dengan orang-orang hebat di KPK, seperti juru bicara KPK, Johan Budi, kemudian hadir pula Busro Muqoddas dan Bambang Widjojanto. Hal menarik yang saya dapatkan adalah ternyata, KPK bukan lembaga yang begitu saklek dan selalu menegangkan. Ada saat-saat mereka terlihat santai dan banyak tersenyum, seperti dalam acara tersebut. Terlihat mereka begitu kompak dan solid seperti sudah terikat dalam satu keluarga besar.

Acara tersebut diawali dengan talkshow dari KPK dan diakhiri dengan pengumuman serta penyerahan hadiah. Saya merasa minder ketika melihat peserta blogger yang lain dengan tulisan yang pasti beragam dan penuh inspiratif. Suasana menjadi tegang ketika pengumuman pemenang disebutkan satu per satu.

Image

Dari juara favorit, nama saya tidak disebut. Saya pasrah, yang penting saya sudah berusaha dan berdoa. Juara harapan dua, kembali nama saya tidak disebut. Saya semakin pasrah, mungkin ini bukan rezeki saya. Kembali, juara harapan satu, ternyata juga bukan saya yang disebut. Sampai pada juara tiga, juga bukan saya. Saya benar-benar mencoba ikhlas. Tetap bersyukur, saya diberi kesempatan untuk bertemu orang-orang hebat di KPK.

Dengan masih tegang, juara dua lomba blog KPK, jatuh kepada…..

Ketika itu, saya mengeluarkan airmata, terharu, bahagia, dan benar-benar bersyukur. Huruf pertama yang muncul di layar adalah ‘D’ kemudian semakin membuat saya bahagia ketika nama lengkap saya terpampang di depan. Pembawa acara dengan keras menyebutkan nama lengkap saya beserta daerah asal saya. Itu membuat saya hingga sekarang masih mengingat suasana tegang saat pembacaan pemenang lomba blog di KPK.

Alhamdulillah, Allah memberiku kenikmatan yang begitu tak ternilai harganya. Ini berkat usaha, dan doa orangtua, serta dukungan orang-orang terdekat saya. Ya Allah, terima kasih.. Kemenangan ini semua karena-Mu.

Image

Semoga dapat menginspirasi kawan-kawan pembaca dan blogger untuk tetap semangat menggapai impian.